Sabtu, 26 September 2015

HAK ANAK MODUL I PEKSOS ANAK

 



Pengantar

Definisi anak  adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk yang masih dalam kandungan menurut UU no. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana tercantum dalam Pasal 1.
Orangtua / wali / pengasuh memiliki tanggungjawab dan tugas dalam menjalankan tanggungjawab mengasuh (membesarkan, membimbing dan mendidik) dan melindungi anak dari kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan perlakuan salah. Tanggungjawab tersebut, dijalankan terhadap anak sesuai dengan kapasitas anak yang selalu berkembang (evolving capacities)  sesuai pula dengan kebutuhan anak terkait dengan haknya.
Prinsip-prinsip hak-hak anak terdiri dari: non- diskriminasi; kepentingan terbaik bagi anak; hak hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan; serta menghormati pandangan anak.
Demi kepentingan terbaik bagi anak, Negara wajib membantu penguatan tanggungjawab orangtua dalam mengasuh dan melindungi anak, terutama ketika orangtua tidak mampu menjalankan tanggungjawab tersebut. Misalnya ketika orangtua membutuhkan pendidikan tentang cara mengasuh yang aman dan tanpa kekerasan sehingga dapat mencapai perkembangan anak secara maksimum.

Tujuan Sesi
Di akhir sesi, peserta  mampu :
1.      Memahami definisi anak
2.      Memahami prinsip-prinsip hak anak
3.      Memahami hak-hak anak.
4.      Membangun kesadaran akan pemenuhan hak-hak anak
5.      Memahami Pemenuhan Hak Anak sesuai Kebutuhannya
Alokasi Waktu
Total 120 menit:
1.       10 menit Pengantar
2.       20 menit Presentasi
3.       20 menit Diskusi Kelompok
4.       30 menit Presentasi Kelompok (pleno) : masing-masing kelompok diberi waktu 5 menit untuk presentasi dan tanya jawab / tanggapan peserta
5.       30 menit Diskusi Pemenuhan Hak Anak sesuai Kebutuhannya
6.       10 menit Penugasan dan Penutup
Alat Bantu
1.        1 unit Laptop dan 1 unit LCD/proyektor
2.        Kertas flipchart, spidol, ketas metaplan (MP), pita perekat kertas.
3.        Bahan presentasi
4.        Lembar Kerja Kelompok
5.        Lembar Penugasan Rumah
Pokok Bahasan




Langkah Kegiatan



































1.      Definisi anak
2.      Prinsip-prinsip hak anak
3.      Hak Anak
4.      Kewajiban orangtua.
5.      Kebutuhan Anak

 



.





Langkah 1 : Pengantar (10 Menit)
1.       Fasilitator menjelaskan tentang tujuan sesi
2.       Fasilitator menanyakan pemahaman peserta tentang
a.    “Apa perbedaan antara anak dan orang dewasa?”
b.    “Apa yang menjadi kebutuhan anak agar menjadi orang dewasa yang lebih baik/produktif?”
3.       Fasilitator mencatat komentar peserta.
4.       Rangkum pendapat peserta

Langkah 2 : Presentasi (20 menit)
1.       Sampaikan slide presentasi Hak Anak
2.       Ajak peserta untuk melakukan tepuk hak anak

Langkah 3 : Diskusi Kelompok (20 menit)
1.       Fasilitator membagi peserta dalam 4 kelompok untuk mendiskusikan kewajiban orangtua dalam memenuhi hak anak menggunakan Lembar Kerja 1.
a.    Kelompok 1: Kewajiban orangtua dalam memenuhi hak Hidup
b.    Kelompok 2: Kewajiban orangtua dalam memenuhi hak Tumbuh Kembang
c.    Kelompok 3: Kewajiban orangtua dalam memenuhi hak Perlindungan
d.    Kelompok 4: Kewajiban orangtua dalam memenuhi hak Partisipasi

Langkah 4 : Presentasi (30 menit)
1.       Minta setiap kelompok untuk melakukan presentasi (@5menit/kelompok)
2.       Tanya jawab

Langkah 5 : DIskusi Pemenuhan Hak Anak sesuai Kebutuhannya (30)
1.    Ajak peserta berpikir tentang apa yang dimaksud dengan masa kecil yang normal dan hal apa saja yang dibutuhkan oleh anak-anak.
2.    Mainkan permainan Needs Game dalam kelompok kecil (lihat Lembar Kerja 2)
3.    Jika sudah selesai, setiap kelompok akan membahas hasil kelompok dan mendiskusikan pilihan-pilihan yang dibuat
4.    Pelatih memfasilitasi diskusi singkat dalam kelompok besar tentang :
Pentingnya hak dalam memenuhi kebutuhan ?
Apa saja tantangan yang dihadapi ?
Pentingnya keluarga bagi anak (contohnya apa yang didapat anak dari keluarga) dan apa yang akan terjadi bila mereka terpisah ?
5.    Beri masukan pada kelompok besar.
6.    Bagikan Lembar Kerja 3 – yang menjelaskan bahwa kita harus mempertimbangkan kebutuhan anak karena hal tersebut mempengaruhi perkembangan anak. Selanjutnya bagi peserta dalam 4 kelompok untuk mendiskusikan “prioritas” kewajiban orangtua dalam memenuhi hak dan kebutuhan anak
7.    Jika sudah selesai, setiap kelompok akan membahas hasil kelompok dan mendiskusikan pilihan-pilihan yang dibuat

Langkah 6 : Penutup (10 menit)
Fasilitator merangkum kembali apa yang telah dipelajari dengan menekankan peran penting orangtua untuk memenuhi hak anak yang ditujukan untuk memberi perlindungan terhadap anak gunakan Power Point tentang Perlindungan Anak. Selanjutnya minta orangtua untuk mengerjakan lembar kerja rumah
Bahan Bacaan

Bacaan inti:
-       MODUL 1.1.3 TENTANG HAK-HAK ANAK MENURUT KONVENSI HAK-HAK ANAK
·         Bacaan yang disarankan:
·         Konvensi Hak Anak
·         UU No 39 Tahun 1999 Tentang HAM
·         UU No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
·         UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
·         UU No 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan
·         UU No 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan (ADMINDUK)
·         UU No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan
·         UU No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA)











Lembar Kerja 1.
HAK ANAK
KEWAJIBAN ORANGTUA
YANG SEHARUSNYA
YANG SUDAH DILAKUKAN
YANG MASIH PERLU DITINGKATKAN
HIDUP





TUMBUH KEMBANG





PERLINDUNGAN





PARTISIPASI







 Lembar Kerja 2

Permainan Kebutuhan

Pertimbangkan kebutuhan anak seperti yang diperlihatkan dalam sembilan kartu berikut. 

Susun kartu-kartu tersebut menyerupai berlian, di mana nomor satu merupakan kebutuhan yang paling penting untuk dipenuhi, dan nomor lima yang paling tidak penting:

1
2 2
3 3 3
4 4
5

Kartu kosong cadangan diberikan. Kartu itu bisa digunakan untuk menggantikan salah satu dari sembilan kartu dengan kebutuhan lain (seperti pilihan kelompok)




Makanan & Air









Cinta
& Kasih sayang







Pakaian









Tempat tinggal




Pengobatan











Teman









Boneka / Permainan & Aktivitas






Pendidikan



Keluarga






  


Lembar Kerja 3
Konvensi Hak Anak PBB 1989
Versi Ramah Anak
Setiap orang di bawah usia 18 tahun memiliki SEMUA hak ini. Anda berhak untuk ...........................

1.  Diperlakukan secara adil siapapun Anda, dimana pun Anda, bahasa apapun yang Anda gunakan, apa yang Anda percayai atau di mana Anda tinggal.

1.      Memiliki orang dewasa yang selalu melakukan yang terbaik untuk Anda.

2.      Semua hak ini dilindungi oleh pemerintah.

3.      Diberikan dukungan dan saran oleh orang tua dan keluarga.

4.      Hidup.

5.      Memiliki nama dan kebangsaan.

6.      Identitas resmi.

7.      Tidak dipisahkan dari orang tua/ kecuali kalau itu memang baik untuk Anda.

8.      Berkumpul lagi dengan orang tua jika mereka harus pindah ke negara lain.

9.      Tidak dibawa keluar negara secara tidak sah.

10.   Memiliki pendapat sendiri, yang didengarkan dan dipertimbangkan secara serius.

11.   Mendapatkan informasi dan mengungkapkan apa yang menurut Anda melalui pembicaraan, tulisan, seni, kecuali hal tersebut akan mengingkari hak orang lain.

12.   Pikiran dan percaya apapun yang Anda inginkan dan melaksanakan agama, dengan panduan dari orang tua.

13.   Berteman dan bergabung dengan kelompok, kecuali hal ini akan mengingkari hak-hak orang lain.

14.   Memiliki privasi dan keluarga dihargai.

15.   Mendapatkan informasi yang bisa diandalkan dari surat kabar, buku, radio, televisi dan internet, sejauh hal itu tidak membahayakan diri Anda.

16.   Dibesarkan oleh orang tua, jika mungkin.

17.   Dilindungi dari luka dan diperlakukan dengan buruk dengan cara apapun.

18.   Perlindungan khusus dan bantuan jika Anda tidak bisa hidup dengan orang tua.

19.   Pengasuhan yang terbaik jika Anda diadopsi..

20.   Perlindungan khusus dan bantuan jika Anda pengungsi.

21.   Akses pada pendidikan dan dukungan yang Anda butuhkan jika Anda cacat.

22.   Pelayanan kesehatan dan medis terbaik, dan informasi untuk membantu Anda tetap sehat.

23.   Kondisi kehidupan Anda diperiksa secara reguler jika Anda diasuh jauh dari keluarga Anda

24.   Bantuan dari pemerintah jika Anda miskin.

25.   Standard kehidupan dasar: makanan, pakaian dan tempat tinggal yang aman.

26.   Pendidikan.

27.   Pendidikan yang dapat mengembangkan kepribadian dan kemampuan Anda, dan mendorong Anda untuk menghargai orang lain, budaya dan lingkungan.

28.   Menikmati budaya, agama, dan bahasa Anda sendiri, meskipun ini tidak sama dengan kebanyakan orang di negara Anda

29.   Beristirahat, bermain dan bersantai.

30.   Dilindungi dari pekerjaan yang dapat membahayakan kesehatan atau pendidikan Anda.

31.   Dilindungi dari obat berbahaya dan perdagangannya.

32.   Dilindungi dari penyalahgunaan seksual.

33.   Tidak akan diculik atau dijual.

34.   Dilindungi dari dimanfaatkan atau dieksploitasi dengan cara apapun.
35.   Tidak akan dihukum dengan cara yang kasar atau menyakitkan.

36.   Perlindungan dan pengasuhan di saat perang. Jika Anda berusia di bawah 15 tahun, Anda sama sekali tidak boleh dipaksa untuk ikut wajib militer.

37.    Bantuan khusus jika Anda terluka, ditelantarkan atau diperlakukan dengan tidak baik.

38.   Dibantu dan diperlakukan secara adil jika Anda dituduh melanggar hukum.

39.   Dilindungi oleh undang-undang nasional yang memberikan hak-hak yang lebih baik dari yang ada dalam daftar ini.

Seluruh anak dan orang dewasa harus tahu dan belajar tentang hak-hak ini.



LEMBAR PENUGASAN RUMAH
Petunjuk pengisian: lembar ini diisi oleh kedua orangtua atau pengasuh
Nama Anak

Nama Ayah

Nama Ibu

Nama Pengasuh (Jika anak tinggal di luar rumah)

HAK ANAK
KEWAJIBAN ORANGTUA
YANG SEHARUSNYA
YANG SUDAH DILAKUKAN
YANG MASIH PERLU DITINGKATKAN

HIDUP





TUMBUH KEMBANG





PERLINDUNGAN





PARTISIPASI












Tidak ada komentar:

Posting Komentar