Pengantar
|
Definisi anak adalah seseorang yang belum berusia 18
tahun, termasuk yang masih dalam kandungan menurut UU no. 23 tahun 2002 tentang
Perlindungan Anak sebagaimana tercantum
dalam Pasal 1.
Orangtua
/ wali / pengasuh memiliki tanggungjawab dan tugas dalam menjalankan
tanggungjawab mengasuh (membesarkan, membimbing dan mendidik) dan melindungi
anak dari kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan perlakuan salah.
Tanggungjawab tersebut, dijalankan terhadap anak sesuai dengan kapasitas anak
yang selalu berkembang (evolving
capacities) sesuai pula dengan kebutuhan anak terkait
dengan haknya.
Prinsip-prinsip
hak-hak anak terdiri dari: non- diskriminasi; kepentingan terbaik bagi anak;
hak hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan; serta menghormati pandangan
anak.
Demi kepentingan
terbaik bagi anak, Negara wajib membantu penguatan tanggungjawab orangtua
dalam mengasuh dan melindungi anak, terutama ketika orangtua tidak mampu
menjalankan tanggungjawab tersebut. Misalnya ketika orangtua membutuhkan pendidikan
tentang cara mengasuh yang aman dan tanpa kekerasan sehingga dapat mencapai
perkembangan anak secara maksimum.
|
Tujuan Sesi
|
Di akhir sesi, peserta mampu :
1.
Memahami definisi
anak
2.
Memahami
prinsip-prinsip hak anak
3.
Memahami
hak-hak anak.
4.
Membangun
kesadaran akan pemenuhan hak-hak anak
5.
Memahami
Pemenuhan Hak Anak sesuai Kebutuhannya
|
Alokasi
Waktu
|
Total 120 menit:
1.
10 menit Pengantar
2.
20 menit Presentasi
3.
20 menit Diskusi Kelompok
4.
30 menit Presentasi Kelompok (pleno) : masing-masing kelompok diberi waktu 5 menit
untuk presentasi dan tanya jawab / tanggapan peserta
5.
30 menit Diskusi
Pemenuhan Hak Anak sesuai Kebutuhannya
6.
10 menit
Penugasan dan Penutup
|
Alat
Bantu
|
1.
1 unit Laptop dan 1 unit LCD/proyektor
2.
Kertas flipchart,
spidol, ketas metaplan (MP), pita
perekat kertas.
3.
Bahan
presentasi
4.
Lembar
Kerja Kelompok
5.
Lembar
Penugasan Rumah
|
Pokok
Bahasan
Langkah
Kegiatan
|
1.
Definisi
anak
2.
Prinsip-prinsip
hak anak
3. Hak Anak
4. Kewajiban orangtua.
5. Kebutuhan Anak
.
Langkah 1 : Pengantar (10 Menit)
1. Fasilitator menjelaskan tentang tujuan sesi
2. Fasilitator menanyakan pemahaman peserta
tentang
a. “Apa perbedaan antara anak dan orang dewasa?”
b. “Apa yang menjadi kebutuhan anak agar menjadi orang
dewasa yang lebih baik/produktif?”
3. Fasilitator mencatat komentar peserta.
4. Rangkum pendapat peserta
Langkah 2 : Presentasi (20 menit)
1. Sampaikan slide presentasi Hak Anak
2. Ajak peserta untuk melakukan tepuk hak anak
Langkah 3 : Diskusi Kelompok (20 menit)
1. Fasilitator membagi peserta dalam 4 kelompok untuk
mendiskusikan kewajiban orangtua dalam memenuhi hak anak menggunakan Lembar
Kerja 1.
a. Kelompok 1: Kewajiban orangtua dalam memenuhi hak
Hidup
b. Kelompok 2: Kewajiban orangtua dalam memenuhi hak
Tumbuh Kembang
c. Kelompok 3: Kewajiban orangtua dalam memenuhi hak
Perlindungan
d. Kelompok 4: Kewajiban orangtua dalam memenuhi hak
Partisipasi
Langkah 4 : Presentasi (30 menit)
1. Minta setiap kelompok untuk melakukan presentasi
(@5menit/kelompok)
2. Tanya jawab
Langkah 5 : DIskusi Pemenuhan
Hak Anak sesuai Kebutuhannya (30)
1.
Ajak peserta berpikir tentang
apa yang dimaksud dengan masa kecil yang normal dan hal apa saja yang
dibutuhkan oleh anak-anak.
2.
Mainkan permainan Needs Game
dalam kelompok
kecil (lihat Lembar Kerja 2)
3.
Jika sudah selesai, setiap kelompok akan
membahas hasil kelompok dan mendiskusikan pilihan-pilihan yang dibuat
4.
Pelatih memfasilitasi diskusi singkat dalam kelompok besar tentang :
Pentingnya hak dalam memenuhi kebutuhan ?
Apa saja tantangan yang dihadapi ?
Pentingnya keluarga bagi anak (contohnya
apa yang didapat anak dari keluarga) dan apa yang akan terjadi bila mereka
terpisah ?
5.
Beri masukan pada kelompok besar.
6. Bagikan
Lembar Kerja
3 – yang
menjelaskan bahwa kita harus mempertimbangkan kebutuhan anak karena hal
tersebut mempengaruhi perkembangan anak. Selanjutnya bagi peserta dalam 4 kelompok untuk
mendiskusikan “prioritas” kewajiban orangtua dalam memenuhi hak dan kebutuhan
anak
7.
Jika sudah selesai, setiap
kelompok akan membahas hasil kelompok dan mendiskusikan pilihan-pilihan yang
dibuat
Langkah 6 : Penutup (10 menit)
Fasilitator merangkum kembali apa yang telah
dipelajari dengan menekankan peran penting orangtua untuk memenuhi hak anak yang
ditujukan untuk memberi perlindungan terhadap anak gunakan Power Point
tentang Perlindungan Anak. Selanjutnya minta orangtua untuk mengerjakan
lembar kerja rumah
|
Bahan
Bacaan
|
Bacaan inti:
- MODUL
1.1.3 TENTANG HAK-HAK ANAK MENURUT KONVENSI
HAK-HAK ANAK
·
Bacaan yang
disarankan:
·
Konvensi Hak
Anak
·
UU
No 39 Tahun 1999 Tentang HAM
·
UU
No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
·
UU
No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
·
UU
No 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan
·
UU
No 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan (ADMINDUK)
·
UU
No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan
·
UU No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem
Peradilan Pidana Anak (SPPA)
|
Lembar Kerja 1.
HAK ANAK
|
KEWAJIBAN ORANGTUA
|
||
YANG SEHARUSNYA
|
YANG SUDAH DILAKUKAN
|
YANG MASIH PERLU DITINGKATKAN
|
|
HIDUP
|
|
|
|
TUMBUH KEMBANG
|
|
|
|
PERLINDUNGAN
|
|
|
|
PARTISIPASI
|
|
|
|
Lembar Kerja 2
Permainan Kebutuhan
Pertimbangkan kebutuhan anak seperti yang
diperlihatkan dalam sembilan kartu berikut.
Susun kartu-kartu tersebut menyerupai berlian, di
mana nomor satu merupakan kebutuhan yang paling penting untuk dipenuhi, dan
nomor lima yang paling tidak penting:
1
2 2
3 3 3
4 4
5
Kartu kosong cadangan diberikan. Kartu itu bisa
digunakan untuk menggantikan salah satu dari sembilan kartu dengan kebutuhan
lain (seperti pilihan kelompok)
Makanan & Air
|
|
Cinta
& Kasih sayang
|
|
|
|
Pakaian
|
|
Tempat tinggal
|
Pengobatan
|
|
Teman
|
|
|
|
Boneka / Permainan & Aktivitas
|
|
Pendidikan
|
Keluarga
|
|
|
Lembar Kerja 3
Konvensi Hak Anak PBB 1989
Versi Ramah Anak
Setiap orang di bawah usia 18 tahun
memiliki SEMUA hak ini. Anda berhak untuk ...........................
1. Diperlakukan secara adil siapapun Anda, dimana
pun Anda, bahasa apapun yang Anda gunakan, apa yang Anda percayai atau di mana
Anda tinggal.
1.
Memiliki
orang dewasa yang selalu melakukan yang terbaik untuk Anda.
2.
Semua
hak ini dilindungi oleh pemerintah.
3.
Diberikan
dukungan dan saran oleh orang tua dan keluarga.
4.
Hidup.
5.
Memiliki
nama dan kebangsaan.
6.
Identitas
resmi.
7.
Tidak
dipisahkan dari orang tua/ kecuali kalau itu memang baik untuk Anda.
8.
Berkumpul
lagi dengan orang tua jika mereka harus pindah ke negara lain.
9.
Tidak
dibawa keluar negara secara tidak sah.
10.
Memiliki
pendapat sendiri, yang didengarkan dan dipertimbangkan secara serius.
11.
Mendapatkan
informasi dan mengungkapkan apa yang menurut Anda melalui pembicaraan, tulisan,
seni, kecuali hal tersebut akan mengingkari hak orang lain.
12.
Pikiran
dan percaya apapun yang Anda inginkan dan melaksanakan agama, dengan panduan
dari orang tua.
13.
Berteman
dan bergabung dengan kelompok, kecuali hal ini akan mengingkari hak-hak orang
lain.
14.
Memiliki
privasi dan keluarga dihargai.
15.
Mendapatkan
informasi yang bisa diandalkan dari surat kabar, buku, radio, televisi dan
internet, sejauh hal itu tidak membahayakan diri Anda.
16.
Dibesarkan
oleh orang tua, jika mungkin.
17.
Dilindungi
dari luka dan diperlakukan dengan buruk dengan cara apapun.
18.
Perlindungan
khusus dan bantuan jika Anda tidak bisa hidup dengan orang tua.
19.
Pengasuhan
yang terbaik jika Anda diadopsi..
20.
Perlindungan
khusus dan bantuan jika Anda pengungsi.
21.
Akses
pada pendidikan dan dukungan yang Anda butuhkan jika Anda cacat.
22.
Pelayanan
kesehatan dan medis terbaik, dan informasi untuk membantu Anda tetap sehat.
23.
Kondisi
kehidupan Anda diperiksa secara reguler jika Anda diasuh jauh dari keluarga Anda
24.
Bantuan
dari pemerintah jika Anda miskin.
25.
Standard
kehidupan dasar: makanan, pakaian dan tempat tinggal yang aman.
26.
Pendidikan.
27.
Pendidikan
yang dapat mengembangkan kepribadian dan kemampuan Anda, dan mendorong Anda
untuk menghargai orang lain, budaya dan lingkungan.
28.
Menikmati
budaya, agama, dan bahasa Anda sendiri, meskipun ini tidak sama dengan
kebanyakan orang di negara Anda
29.
Beristirahat,
bermain dan bersantai.
30.
Dilindungi
dari pekerjaan yang dapat membahayakan kesehatan atau pendidikan Anda.
31.
Dilindungi
dari obat berbahaya dan perdagangannya.
32.
Dilindungi
dari penyalahgunaan seksual.
33.
Tidak
akan diculik atau dijual.
34.
Dilindungi
dari dimanfaatkan atau dieksploitasi dengan cara apapun.
35.
Tidak
akan dihukum dengan cara yang kasar atau menyakitkan.
36.
Perlindungan
dan pengasuhan di saat perang. Jika Anda berusia di bawah 15 tahun, Anda sama
sekali tidak boleh dipaksa untuk ikut wajib militer.
37.
Bantuan
khusus jika Anda terluka, ditelantarkan atau diperlakukan dengan tidak baik.
38.
Dibantu
dan diperlakukan secara adil jika Anda dituduh melanggar hukum.
39.
Dilindungi
oleh undang-undang nasional yang memberikan hak-hak yang lebih baik dari yang
ada dalam daftar ini.
Seluruh
anak dan orang dewasa harus tahu dan belajar tentang hak-hak ini.
LEMBAR PENUGASAN RUMAH
Petunjuk pengisian: lembar ini diisi oleh kedua orangtua atau pengasuh
Nama Anak
|
|
||
Nama Ayah
|
|
||
Nama Ibu
|
|
||
Nama Pengasuh (Jika anak tinggal di luar rumah)
|
|
||
HAK ANAK
|
KEWAJIBAN ORANGTUA
|
||
YANG SEHARUSNYA
|
YANG SUDAH DILAKUKAN
|
YANG MASIH PERLU DITINGKATKAN
|
|
HIDUP
|
|
|
|
TUMBUH KEMBANG
|
|
|
|
PERLINDUNGAN
|
|
|
|
PARTISIPASI
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar